Deskripsi Mata
Kuliah:
Mata kuliah ini menjelaskan bagaimana
peran pemasaran dalam mengalirkan seluruh produk agribisnis dari tahap petani
produsen sampai pada konsumen akhir secara efektif dan efisien.
Tujuan Instruksional Khusus :
Mahasiswa harus mampu memahami karakteristik
produk agribisnis dan konsep dasar pemasaran komoditi-komoditi sumberdaya lokal
berpotensi ekspor di Indonesia, menghitung efisiensi pemasaran, serta mengerti
berbagai aspek pasar terhadap kegiatan pemasaran, konsep saluran dan marjin
pemasaran, analisa farmer’s share,
pembentukan harga, pasar dalam kegunaan ruang, waktu dan bentuk, bagaimana
integrasi pasar terbentuk. Mahasiswa
juga harus memahami sistem pembentukan harga komoditi, analisis pasar dari
berbagai aspek, mampu menganalisis efisiensi antar lembaga pemasaran,
pentingnya biaya transaksi dalam pemasaran, sistem penjaminan pemasaran
berbagai komoditi agribisnis di Indonesia melalui sistem kontrak penjualan dan future market. Mahasiswa harus memahami
stratei pemasaran dan isu-isu terkini dan visi kedepan dibidang pemasaran
agribisnis.
Rencana
Perkuliahan :
Minggu Ke-
|
Materi Pembahasan
|
1
|
Pendahuluan
|
2
|
Analisis fungsi utama pemasaran
agribisnis
|
3
|
Lembaga dan saluran pemasaran agribisnis
|
4 & 5
|
Pembentukan Harga Komoditi Pertanian yang berbasis
sumberdaya lokal
|
6
|
Pasar dalam Kegunaan Tempat, Bentuk dan Waktu
|
7
|
Analisis peluang pemasaran
|
8
|
Analisis pasar melalui model perilaku konsumen
|
9
|
Analisis efisiensi saluran pemasaran
|
10
|
Integrasi pasar
|
11
|
Biaya Transaksi
|
12
|
Sistem penjaminan pemasaran agribisnis
|
13
|
Strategi pemasaran
|
14
|
Isu terkini dan Visi pemasaran agribisnis kedepan
|
No comments:
Post a Comment