Saturday, 25 February 2017

Silabus MK. Pemasaran Agribisnis

Deskripsi Mata Kuliah:

Mata kuliah ini menjelaskan bagaimana peran pemasaran dalam mengalirkan seluruh produk agribisnis dari tahap petani produsen sampai pada konsumen akhir secara efektif dan efisien.

Tujuan Instruksional Khusus :


Mahasiswa harus mampu memahami karakteristik produk agribisnis dan konsep dasar pemasaran komoditi-komoditi sumberdaya lokal berpotensi ekspor di Indonesia, menghitung efisiensi pemasaran, serta mengerti berbagai aspek pasar terhadap kegiatan pemasaran, konsep saluran dan marjin pemasaran, analisa farmer’s share, pembentukan harga, pasar dalam kegunaan ruang, waktu dan bentuk, bagaimana integrasi pasar terbentuk.  Mahasiswa juga harus memahami sistem pembentukan harga komoditi, analisis pasar dari berbagai aspek, mampu menganalisis efisiensi antar lembaga pemasaran, pentingnya biaya transaksi dalam pemasaran, sistem penjaminan pemasaran berbagai komoditi agribisnis di Indonesia melalui sistem kontrak penjualan dan future market. Mahasiswa harus memahami stratei pemasaran dan isu-isu terkini dan visi kedepan dibidang pemasaran agribisnis.

Rencana Perkuliahan :

Minggu Ke-
Materi Pembahasan
1
Pendahuluan
2
Analisis fungsi utama pemasaran agribisnis
3
Lembaga dan saluran pemasaran agribisnis
4 & 5
Pembentukan Harga Komoditi Pertanian yang berbasis sumberdaya lokal
6
Pasar dalam Kegunaan Tempat, Bentuk dan Waktu
7
Analisis peluang pemasaran
8
Analisis pasar melalui model perilaku konsumen
9
Analisis efisiensi saluran pemasaran
10
Integrasi pasar
11
Biaya Transaksi
12
Sistem penjaminan pemasaran agribisnis
13
Strategi pemasaran
14
Isu terkini dan Visi pemasaran agribisnis kedepan

No comments:

Post a Comment